trem@ui.ac.id +6221 7867 222
trem@ui.ac.id +6221 7867 222

Strategi Menuju Peringkat QS WUR 2025: Roadshow Biro TREM UI di Fakultas Ilmu Keperawatan UI

Depok – Pada tanggal 7 Desember 2023, Biro Transformasi, Manajemen Risiko & Monitoring, Evaluasi (TREM) UI mengadakan Roadshow ke Fakultas Ilmu Keperawatan untuk menganalisis performa fakultas di QS World University Rankings by Subject

QS World University Rankings by Subject merupakan penilaian tahunan yang sangat penting untuk institusi pendidikan tinggi seperti Universitas Indonesia (UI). Ranking ini membantu calon mahasiswa mengidentifikasi universitas terkemuka dalam berbagai mata pelajaran, menggunakan metrik yang meliputi research citations, employer reputation, dan academic reputation. Bagi UI, keberadaan dalam ranking QS ini tidak hanya meningkatkan visibilitas global tetapi juga memberikan pandangan objektif mengenai kualitas pendidikan dan penelitian yang ditawarkan. Hal ini sangat penting dalam konteks persaingan global di mana universitas-universitas di seluruh dunia terus berusaha meningkatkan standar akademik dan reputasi mereka​​.

Pada tahun 2024, UI mencapai kemajuan signifikan dengan menempati posisi 237 secara global, naik 11 peringkat dari tahun sebelumnya. Pencapaian ini menempatkan UI di antara 16% universitas teratas di dunia menurut QS WUR. Secara spesifik, UI menempati posisi pertama di Indonesia dan kesembilan di Asia Tenggara. Peningkatan ini mencerminkan komitmen UI terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan penelitian serta upaya untuk meningkatkan reputasi akademik dan pengakuan internasional​​.

Fakultas Ilmu Keperawatan UI, sebagai bagian dari bidang Life Sciences and Medicine, menghadapi tantangan dan peluang dalam QS World University Ranking by Subject. Meskipun overall score fakultas ini mengalami penurunan dari tahun 2022 menjadi sebesar 59.9, ada kenaikan dalam beberapa aspek penting. Academic Reputation (AR) mengalami peningkatan dari tahun 2020 hingga 2022, tetapi turun pada tahun 2023. Employer Reputation (ER) juga mengalami penurunan pada tahun 2023 dibandingkan tahun sebelumnya. Namun, ada kenaikan pada indikator Citation per Faculty H-Index dan International research network (IRN). Data ini memberikan gambaran tentang kekuatan dan area yang perlu ditingkatkan oleh Fakultas Ilmu Keperawatan UI, sejalan dengan tujuan UI untuk terus meningkatkan prestasi akademik dan reputasi internasional dalam berbagai bidang studi​.

Terjemahkan »