trem@ui.ac.id +6221 7867 222
trem@ui.ac.id +6221 7867 222

Langkah Strategis: Studi Banding UI dan Unsri terkait Pemeringkatan

Palembang – Pada tanggal 20-21 Oktober 2023, Universitas Indonesia (UI) turut serta dalam studi banding yang diadakan oleh Universitas Sriwijaya (Unsri) di Palembang. Acara berlangsung selama dua hari di Hotel Excelton, dengan fokus utama pada strategi peningkatan posisi dalam Times Higher Education Impact Rankings Tahun 2024. 

Rektor Unsri, Prof Dr Taufiq Marwa SE MSi, menekankan pentingnya pengelolaan data yang efisien dan mengungkapkan keinginan Unsri untuk mengadopsi praktik terbaik dari UI. Beliau mengapresiasi prestasi UI sebagai universitas peringkat satu di Indonesia dan peringkat 20 dunia dalam THE Impact Ranking tahun 2023. 

UI diwakili oleh Dr. Vishnu Juwono, S.E., MIA; Rahmi, S.Hum., M.Sc., Ph.D.; dan Febi Priska Litami, S.I.A. dari Biro Transformasi, Manajemen Resiko, dan Monitoring Evaluasi dengan  berbagi pengalaman dan strategi yang membawa UI menjadi universitas peringkat satu di Indonesia dan peringkat 20 dunia dalam THE Impact Ranking tahun 2023, sesi ini menjadi sorotan utama yang menarik perhatian peserta dari berbagai latar belakang akademis. Tim UI memberikan penjelasan mendalam tentang sistem perangkingan universitas dunia, termasuk Quacquarelli Symonds (QS) dan Times Higher Education (THE), dan berbagi strategi efektif dalam pengelolaan tim perangkingan. Mereka menekankan pentingnya komitmen dari pimpinan tinggi dalam mencapai hasil yang optimal. 

Pertemuan hari pertama ditutup oleh Wakil Rektor bidang Akademik Prof. Ir. Zainuddin Nawawi, Ph.D., IPU, dan kegiatan dilanjutkan pada 21 Oktober 2023, dengan acara bimbingan teknis dan pendampingan pemuktahiran dan pengisian data di THE Impact Ranking yang dihadiri oleh Tim Perangkingan Universitas Sriwijaya. Prof Dr Ir Rujito Agus Suwignyo M.Agr, ketua LP3MP Unsri, menegaskan bahwa kegiatan ini bukan hanya bimbingan teknik semata, melainkan juga langkah strategis untuk meraih peringkat terbaik. 

Harapannya adalah dapat menggali tips dan pengalaman dari UI yang telah berhasil mencapai peringkat tertinggi, menjadikan pertukaran ini sebagai sumber inspirasi bagi Unsri dan perguruan tinggi lainnya. Semua ini mencerminkan komitmen berkelanjutan UI dalam mendukung kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia, dan diharapkan memberikan kontribusi positif bagi peningkatan mutu pendidikan tinggi di tanah air. Partisipasi UI dalam forum ini menegaskan komitmennya untuk terus berbagi pengetahuan dan mendukung kemajuan pendidikan tinggi, baik di Indonesia maupun di tingkat internasional. 

Terjemahkan »