trem@ui.ac.id +6221 7867 222
trem@ui.ac.id +6221 7867 222

Studi Banding Manajemen Risiko Universitas Andalas (UNAND) terhadap Universitas Indonesia

Depok – Pada tanggal 19 September 2023, Biro Transformasi, Manajemen Risiko dan Monitoring Evaluasi (Biro TREM) Universitas Indonesia (UI), khususnya Bagian Manajemen Risiko, mendapatkan kunjungan dari Universitas Andalas (UNAND), Sumatera Barat. Kunjungan tersebut dilakukan UNAND dalam upaya sharing knowledge terkait penerapan manajemen risiko. Dalam pertemuan tersebut, UI diwakili oleh Bapak Nyoto Asgard, M.Si., ERMAP selaku Kepala Bagian Manajemen Risiko menyampaikan apresiasi kepada delegasi dari UNAND atas kepercayaannya terhadap UI dalam berbagi pengalaman dalam menerapkan manajemen risiko di lingkungan universitas.

Delegasi dari UNAND yang berkunjung ke UI berjumlah 6 orang, dipimpin oleh Dr. Ing Jhon Malta, S.T., M.T. selaku Kasubdit Perencanaan Pengembangan Sistem dan Layanan Teknologi Informasi Pengembangan. Beliau menyampaikan bahwa sejak berubah status menjadi PTN BH, Universitas Andalas banyak melakukan perubahan termasuk perubahan struktur organisasi. Unit penyelenggara manajemen risiko merupakan salah satu dari unit yang baru dibentuk, kurang lebih satu tahun yang lalu. Sementara ini  unit penyelenggara manajemen risiko masih dipimpin oleh Kepala Seksi, Ibu Mesa Fadilah, SKM., M.AP yang juga turut serta dalam kunjungan tersebut. Ibu Mesa menyampaikan bahwa saat ini UNAND telah memiliki kebijakan atau peraturan yang memayungi penerapan manajemen risiko dan sedang berupaya untuk membangun sistem informasi manajemen risiko. Hal inilah yang menjadi dasar mengapa tim UNAND yang hadir di UI kali ini lebih banyak berasal dari Subdit Perencanaan Pengembangan Sistem dan Layanan Teknologi Informasi Pengembangan. Ibu Mesa berharap dengan belajar dari pengalaman yang telah dilakukan UI, UNAND bisa mengembangkan sistem informasi manajemen risiko yang lebih sesuai dengan yang butuhkan dalam penerapan manajemen risiko universitas.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bagian Manajemen Risiko UI mengungkapkan bahwa sampai saat ini UI belum memiliki sistem informasi manajemen risiko dan baru saja melakukan proses pengadaan sistem tersebut. Pada tahap awal, UI lebih fokus pada membangun awareness terkait manajemen risiko, baik pada tingkat universitas maupun tingkat unit kerja antara lain melalui pelatihan dan sosialisasi. Selanjutnya, Bapak Nyoto memaparkan pengalaman UI dalam menerapkan manajemen risiko, dimulai dengan menyampaikan  tentang sejarah perkembangan manajemen risiko di UI dari awal dibentuk pada akhir tahun 2015 hingga sekarang. Beliau juga menyampaikan tahapan-tahapan pelaksanaan proses manajemen risiko di UI dari identifikasi risiko, analisis dan evaluasi, penanganan risiko hingga pelaporan & pemantauan risiko. Beliau juga menyampaikan tantangan apa saja yang dihadapi dalam upaya penerapan manajemen risiko di UI, khususnya dalam membangun awareness terkait manajemen risiko.

Acara ditutup oleh Kepala Biro TREM, Bapak Vishnu Juwono, S.E., M.I.A., Ph.D yang Kembali menyampaikan rasa terima kasih UI kepada Universitas Andalas atas kepercayaannya untuk melakukan studi banding ke UI. Semoga pengalaman yang dimiliki UI ini dapat bermanfaat bagi UNAND dalam penerapan manajemen risiko khususnya dalam membangun sistem informasi yang tepat. Selanjutnya Kepala Biro TREM mewakili UI untuk menyerahkan cinderamata ke delegasi UNAND sekaligus menerima cenderamata dari UNAND untuk UI.

Terjemahkan »