trem@ui.ac.id +6221 7867 222
trem@ui.ac.id +6221 7867 222

Roadshow Kampus Integritas: Dukung Upaya Antikorupsi di Perguruan Tinggi

Depok– Pada Selasa, 21 Maret 2023, Kemitraan melalui USAID INTEGRITAS melaksanakan kegiatan Campus Integrity Roadshow di Balai Sidang Universitas Indonesia. Tujuan kegiatan ini dilakukan adalah untuk memperluas pandangan dan berdiskusi dengan pimpinan kampus, pejabat kunci, dosen serta mahasiswa yang lebih luas tentang strategi antikorupsi yang dapat diterapkan di universitas dengan memberdayakan para pemimpin struktural dan mahasiswa.

Acara dimulai dengan sambutan dari KEMITRAAN dan Sekretaris Universitas Indonesia. Rangkaian acara selanjutnya disusul dengan Sesi Talkshow terkait Bagaimana Menerapkan Aksi Integritas di Perguruan Tinggi, Strategi dan Rencana Aksi Penguatan Integritas di Perguruan Tinggi, Pentingnya Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi, dan Keterkaitan antara Sekstorsi, Konflik Kepentingan, dan Korupsi di Universitas.

Selain berdiskusi terkait hal tersebut, moderator juga menghimpun diskusi mengenai bagaimana memanfaatkan langkah-langkah tata kelola yang baik dalam mewujudkan integritas di Perguruan Tinggi. Diskusi ini juga ditujukan untuk mengidentifikasi bersama sektor/proses bisnis mana yang rawan korupsi di Perguruan Tinggi dan potensi strategi yang jelas untuk meresponsnya. Menjelang akhir acara, diselenggarakan pula Sosialisasi Deklarasi Integritas dan Rencana Aksi Penguatan Integritas Perguruan Tinggi yang ditandatangani PTN dan PTAN pada November 2022. Selain itu, acara ditutup dengan peluncuran dan diseminasi formal Call for Proposal Hibah dari USAID Integritas/KEMITRAAN kepada satu atau lebih PTN terpilih untuk melakukan piloting program integritas di lima provinsi sasaran.

Terjemahkan »