trem@ui.ac.id +6221 7867 222
trem@ui.ac.id +6221 7867 222

Konsinyering QS World University Rankings 2024

Bogor –  Pada tanggal 10-11 Januari 2023, Universitas Indonesia (UI) mengadakan Rapat Konsinyering QS World University Rankings (QS WUR) 2024 yang diselenggarakan di Aston Bogor Hotel & Resort

10 Januari 2023

Pada hari pertama, rapat konsinyering dibuka oleh Vishnu Juwono, S.E., M.I.A, PhD selaku Kepala Biro TREM dengan menyatakan bahwa pertemuan hari ini merupakan konsinyering QS WUR 2024 yang tanggal pengumpulan datanya dipercepat. Selanjutnya sambutan oleh Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris. Dengan adanya konsinyering ini diharapkan fakultas/sekolah/vokasi maupun unit kerja dapat menyelesaikan pengisian borang.

Rapat konsinyering dilanjutkan ke pembahasan singkat tentang QS WUR dan rekapitulasi QS WUR 2024 oleh Rahmi, S.Hum., M.Sc., Ph.D. Pembahasan kemudian dilanjutkan oleh Febi Priska Litami, S.I.A mengenai borang rekap.

Borang rekap Academic Reputation yang sudah melengkapi data adalah Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Fakultas-fakultas tersebut juga membagikan strategi keberhasilannya dalam melengkapi data. Kemudian tiap fakultas lain diberikan waktu untuk menjelaskan progress-nya. Dan salah satu kendala kebanyakan fakultas saat melengkapi data yaitu tentang email consent yang tidak kunjung mendapat balasan karena terpotong liburan akhir tahun. 

11 Januari 2023

Pada hari kedua, rapat konsinyering QS World University Rankigs kembali dibuka oleh Vishnu Juwono, S.E., M.I.A, PhD selaku Kepala Biro TREM dengan menyatakan bahwa hari kedua konsinyering ini akan membahas metodologi terkait dengan Times Higher Education World University Rankigs (THE WUR).

Rapat konsinyering dilanjutkan ke pembahasan singkat tentang THE WUR oleh Vishnu Juwono, S.E., M.I.A, PhD. Vishu Juwono mengatakan, seberapa penting THE WUR untuk Universitas Indonesia. 

“Dalam hal ini, Times Higher Education World University Rankings reputation survei sangat penting bagi Universitas Indonesia. Jika kita sering mengikuti kegiatan dari THE WUR, kemungkinan pihak THE akan memasukkan UI sebagai database mereka melalui acara tersebut”, ujarnya.

Pada pengumpulan data untuk THE WUR, Sub Bagian pemeringkatan akan berkoordinasi dengan unit kerja dan fakultas. Data yang dibutuhkan mulai dari data staff hingga data mahasiswa. Dan untuk pengumpulan borang data THE WUR paling lambat pada 5 Maret 2023. 

Rapat ditutup oleh Kepala Biro TREM, Vishnu Juwono, S.E., M.I.A., Ph.D dengan harapan data dapat terkumpul, serta semangat dari unit kerja dan fakultas dapat tetap terjaga dalam mengumpulkan dan melengkapi data THE WUR.

Terjemahkan »