trem@ui.ac.id +6221 7867 222
trem@ui.ac.id +6221 7867 222

QS Higher Education Summit: Asia Pacific 2022

Jakarta— Pada Selasa-Kamis, tanggal 8–10 November 2022, Universitas Indonesia (UI) berhasil menjadi tuan rumah dari QS Higher Education Summit: Asia Pacific 2022 di Hotel Intercontinental Pondok Indah, Jakarta Selatan. QS APAC 2022 memiliki tema merespons tantangan dan memanfaatkan kesempatan pendidikan tinggi di kawasan Asia Pasifik. Acara ini merupakan kolaborasi dengan QS (Quacquarelli Symonds) dan Pricnce of Songkla University yang memiliki misi bersama untuk menyediakan wadah diskusi berkualitas dan memperkuat relasi antara para elit, akademisi, praktisi, dan analis perguruan tinggi di kawasan Asia Pasifik. 

QS APAC 2022 dibuka pada tanggal 8 November 2022 oleh Prof. Nigel Healey selaku Global Conference Chair, Asst. Prof. Dr. Niwat Keawpradub selaku rektor Universitas Prince Songkla, dan Prof. Ari Kuncoro sebagai rektor Universitas Indonesia. Dalam acara yang diselenggarakan selama tiga hari ini, Universitas Indonesia turut mendatangkan beberapa tokoh terdepan dan terkemuka, seperti Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr (HC.) K.H. Ma’ruf Amin, yang memberikan video pidato pembuka pada hari pertama QS APAC 2022, Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan yang mengirimkan video sambutan, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Dikti Ristek), Prof. Ir. Nizam yang hadir untuk melakukan diskusi bersama Wakil Rektor Bidang Akademis dan Kemahasiswaan, Prof. Dr.rer.nat Abdul Harris, dan Menteri Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, yang berkesempatan untuk hadir secara langsung untuk berdiskusi dan menjabarkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). 

Dalam kesempatan ini juga, QS merilis ranking 10 besar perguruan tinggi di Asia pada acara Gala Dinner tanggal 8 November 2022 dan memberikan penghargaan QS Stars and Recognition. QS APAC 2022 ini menyelenggarakan diskusi dengan berbagai tema seperti tanggung jawab dan komitmen universitas dalam membentuk masa depan yang berkelanjutan, peran perguruan tinggi ke transisi energi terbarukan, dan kolaborasi intraregional. QS juga menyelenggarakan pelatihan mengenai marketing dan branding perguruan tinggi yang diselenggarakan pada tanggal 9 November 2022 dan dibawakan oleh Tim Edwards sebagai Chief Marketing Officer Quacquarelli Symonds (QS).

Acara QS APAC 2022 secara resmi ditutup pada tanggal 10 November 2022 oleh Prof. Nigel Healey dan Prof. Dr.rer.nat Abdul Harris, serta dilakukannya penyerahan tongkat tuan rumah QS APAC 2023 ke Universiti Kebangsaan Malaysia. Universitas Indonesia juga menyelenggarakan acara tur kampus bagi tamu internasional yang hadir di pertemuan ini yang diharapkan dapat memperkenalkan dan mempromosikan Universitas Indonesia sebagai institusi perguruan tinggi terdepan di Indonesia.

Terjemahkan »