trem@ui.ac.id +6221 7867 222
trem@ui.ac.id +6221 7867 222

Consulting QS Ranking 2024

Depok— Pada hari Jumat, 4 November 2022, Universitas Indonesia mengundang pihak consulting QS (Kesh Patel) untuk membahas mengenai QS Ranking 2024. Sesi tersebut dibuka oleh dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D selaku Sekretaris Universitas, dan selanjutnya dimoderatori oleh Vishnu Juwono, S.E., M.I.A., Ph.D selaku Kepala Biro TREM UI. Kesh membuka sesi rapat dengan memberikan rasa terimakasih kepada UI karena sangat aktif berkolaborasi dalam melakukan pengumpulan data.

Konsultasi dimulai dengan memaparkan hasil perbandingan antara QS WUR Universitas Indonesia dari 5 tahun terakhir, yaitu 2019-2023. Indikator-indikator yang diperlihatkan seperti Academic Reputation, Employer Reputation, dan Faculty Student Ratio cenderung meningkat, sedangkan international faculty, citation, dan international student ratio cenderung menurun. Namun jika dihitung, secara keseluruhan skor Universitas Indonesia selalu meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2024, akan ada indikator baru yang diperkenalkan, yaitu employer outcomes dan international research network. Employer outcomes adalah cara QS melihat seberapa besar dampak yang diberikan alumni UI di berbagai bidang. Sedangkan international research network adalah seberapa produktif dan kaya kolaborasi riset UI dengan pihak internasional. 

Dengan perubahan ini, Universitas Indonesia mendapatkan contoh best practices dari Kesh sebagai pedoman dan pembuka langkah selanjutnya agar Universitas Indonesia dapat terus memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Rapat ditutup oleh dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D selaku Sekretaris Universitas, beliau berpendapat bahwa bagi Universitas Indonesia, bukanlah meningkatkan ranking atau peringkat yang menjadi prioritas Indonesia, melainkan memperkenalkan dan mempromosikan culture Universitas Indonesia yang baik. 

Terjemahkan »