trem@ui.ac.id +6221 7867 222
trem@ui.ac.id +6221 7867 222

Sharing Session Peningkatan Sitasi bersama dengan Universitas Hasanuddin

Pada 20 April 2022, telah dilaksanakan Sharing Session Peningkatan Sitasi bersama dengan Universitas Hasanuddin (Unhas). Kegiatan ini dibuka oleh dr. Agustin Kusumayati, M.Sc, Ph.D selaku Sekretaris Universitas. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah agar UI mendapatkan pengetahuan khususnya terkait pencapaian dari Unhas pada Times Higher Education (THE). Pembukaan selanjutnya yaitu sambutan dari Kepala Biro TREM yaitu Vishnu Juwono, S.E., M.Si., Ph.D yang menjelaskan studi banding ini bertujuan untuk melihat performa Unhas yang cukup baik pada THE dan khususnya pada komponen sitasi.

Sharing session dibuka oleh Prof. Muhammad Arsyad selaku Direktur Publication Management Centre (PMC), Universitas Hasanuddin secara umum memaparkan bahwa, dalam 5 tahun terakhir Unhas cukup baik dalam kolaborasi risetnya. Kolaborasi riset dengan berbagai negara sangat dibantu oleh kegiatan inbound dan outbound yang ada di Unhas. Untuk sitasi kumulatif per 25 Maret 2022 tercatat Unhas sekitar 24029. Pada pemeringkatan THE 2021, kualitas publikasi Unhas berhasil memancing sitasi skor 29,5 dengan research impact good enough. Peningkatan sitasi ini juga tidak terlepas dari peran e-journal, yang dimana tercatat total e-journal Unhas sebanyak 92.

Upaya yang dilakukan PMC Unhas dalam peningkatan publikasi dan sitasi antara lain; (1) mendorong peningkatan kualitas artikel, (2) mendorong para dosen mempublika\sikan karyanya di jurnal/publisher bereputasi baik (Elsevier, Taylor, Springer, Wiley, Emerald, dan lain-lain) terutama yang disyaratkan oleh World Class University (WCU), dan (3) meningkatkan joint authorship dengan berbagai perguruan tinggi/lembaga penelitian dalam dan luar negeri.

Terjemahkan »