trem@ui.ac.id +6221 7867 222
trem@ui.ac.id +6221 7867 222

Workshop dan Focus Group Discussion (FGD) Asesmen Risiko UI Tahun 2023

Bogor – Pada tanggal 15 Maret 2023, Universitas Indonesia (UI) mengadakan Workshop dan Focus Group Discussion (FGD) terkait Asesmen Risiko UI 2023 yang diselenggarakan di Grand Savero Hotel.

Acara ini diawali dengan pembukaan workshop oleh dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D selaku Sekretaris Universitas yang menjelaskan terkait pentingnya asesmen manajemen risiko. Selanjutnya sambutan disampaikan oleh Vishnu Juwono S.E, M.I.A Ph.D selaku Kepala Biro Transformasi, Manajemen Risiko, dan Monitoring Evaluasi (TREM) UI.

Narasumber pertama yaitu Prof. Teuku Yuri M. Zagloel (Sekretaris Komite Risiko UI). Beliau memaparkan terkait Peran Manajemen Risiko terhadap capaian target indikator dalam BSC (Balanced Scorecard) yakni berperan dalam membantu perencanaan, pelaksanaan, dan pengontrolan kegiatan – kegiatan dalam meminimalkan potensi risiko yang ada dalam universitas sehingga dapat mencapai sasarannya secara optimal. Selain itu, beliau menjelaskan juga terkait siklus pada proses manajemen risiko yang terbagi menjadi 4 (empat) proses yaitu Identifikasi Risiko, Analisis dan Evaluasi Risiko, Mitigasi Risiko, dan Pelaporan dan Pemantauan.

Narasumber kedua yaitu Vita Silvira, SE., MBA (Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Logistik) membahas mengenai manajemen risiko dalam perencanaan dan penganggaran. Beliau memaparkan bahwa perencanaan dan penganggaran berfokus pada target indikator kinerja yang menjadi cascading Kontrak Kinerja pimpinan unit, serta ketersediaan dana dan efisiensi. Sedangkan terkait manajemen risiko fokus pada antisipasi risiko masa depan yang mengacu pada Kontrak Kinerja pimpinan unit sehingga menghasilkan pencapaian kinerja organisasi.

Selain pemaparan dari beberapa narasumber, dalam acara ini juga diumumkan beberapa peraih penghargaan yang disampaikan langsung oleh Nyoto Asgard, S.E., M.Si., ERMAP selaku Kepala Bagian Manajemen Risiko. Penghargaan didasarkan pada hasil penilaian performa unit kerja dalam menerapkan manajemen risiko pada masing-masing unit kerjanya. Beberapa peraih penghargaan tersebut diantaranya:

Kategori Best Risk Management Fakultas, Sekolah, dan Vokasi

  1. Peringkat 1 : Fakultas Kesehatan Masyarakat
  2. Peringkat 2 : Fakultas Kedokteran
  3. Peringkat 3 : Fakultas Ilmu Administrasi

 

Kategori Best Risk Management Unit Kerja PAU

  1. Peringkat 1 : Direktorat Pengadaan & Logistik
  2. Peringkat 2 : Rumah Sakit UI
  3. Peringkat 3 : Direktorat Keuangan & Akuntansi

 

Kategori Best Risk Officer Fakultas, Sekolah, Vokasi

  1. Peringkat 1 : Nelasari, SKM, MKM (Fakultas Kesehatan Masyarakat)
  2. Peringkat 2 : Zhafirah Salsabila (Fakultas Kedokteran)
  3. Peringkat 3 : Fitria Ariyanti, S.I.A (Fakultas Ilmu Administrasi)

 

Kategori Best Risk Officer Unit Kerja PAU

  1. Peringkat 1 : Santi Rosita Devi, S.I.P (Direktorat Pengadaan & Logistik)
  2. Peringkat 2 : Novianthi Dian Purnamawati,M.Psi.T (Direktorat Pengembangan Akademik dan Sumber Daya Pembelajaran)
  3. Peringkat 3 : Dr. Novita Dwi Istanti, AMK, SKM, MARS (Rumah Sakit UI)

Terjemahkan »