trem@ui.ac.id +6221 7867 222
trem@ui.ac.id +6221 7867 222

Studi Banding Pemeringkatan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Terhadap Universitas Indonesia

Depok – Pada tanggal 14 Februari 2023, Universitas Indonesia mengadakan Benchmarking dengan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi yang diselenggarakan di Ruang Rapat Lantai 2 Pusat Administrasi Universitas (PAU) UI.

 

14 Februari 2023

Benchmarking diawali dengan perkenalan singkat dari masing-masing universitas oleh Kepala Biro TREM, Vishnu Juwono, S.E., M.I.A, Ph.D sebagai pembukaan dan dilanjutkan dengan pemaparan profil universitas oleh rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi yaitu Prof. Dr. H. Su’aidi, MA., Ph.D. Pertemuan ini bertujuan untuk pertukaran wawasan antara Universitas Indonesia dengan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi terkait langkah-langkah untuk mengikuti QS World University Ranking. Benchmarking ini dilanjutkan ke pembahasan terkait kondisi capaian ranking UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, salah satunya dengan penerapan “Paradigma Terintegrasi”.

Dalam pembahasan tersebut, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dan Universitas Indonesia saling memberikan pemaparan terkait strategi yang dibutuhkan untuk mempersiapkan keikutsertaan dalam  periode perankingan tahun depan, salah satunya adalah dalam pemeringkatan QS WUR dan QS Sustainability Ranking 2024. 

Pada pemaparan kali ini, Universitas Indonesia diwakili oleh Tim Pengelolaan Pemeringkatan UI yaitu Rahmi, S.Hum., M.Sc., Ph.D. selaku Kepala Bagian Sinergi, Keselarasan, dan Pengelolaan Peringkat (SKPPU) Universitas Indonesia dan dibantu oleh Febi Priska Litami, S.I.A selaku Penanggung jawab Pengelolaan Peringkat Universitas Indonesia. Pemaparan yang berupa presentasi ini, membahas mengenai sistem pemeringkatan yang telah UI jalani dan beberapa strategi pengumpulan dan pengolahan data yang telah dilakukan. Universitas Indonesia juga menyampaikan beberapa jawaban atas pertanyaan yang diutarakan oleh UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dalam kegiatan diskusi kali ini. 

Setelah diskusi yang telah dilakukan oleh Tim Pengelolaan Pemeringkatan UI dan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, kegiatan benchmarking ini diakhiri oleh Kepala SKPPU, Rahmi, S.Hum., M.Sc., Ph.D dengan harapan kegiatan tukar wawasan ini dapat bermanfaat bagi kedua belah pihak dalam rangka meningkatkan pengelolaan pemeringkatan universitasnya.

 

Terjemahkan »