trem@ui.ac.id +6221 7867 222
trem@ui.ac.id +6221 7867 222

Consulting Times Higher Education 2022: Pembahasan Kinerja UI di Berbagai Times Higher Education Rankings

Depok— Pada Selasa, tanggal 15 November 2022, Universitas Indonesia (UI) mengundang Consulting dari Times Higher Education (THE). Sesi Consulting dari Times Higher Education (THE) ini dihadiri oleh Simone Dilena dan  Julie Wilkens McMahon sebagai perwakilan dari Times Higher Education. Sesi ini juga dihadiri oleh para pimpinan tinggi Universitas Indonesia. Sesi pemaparan materi pertama, dibawakan oleh Julie Wilkens McMahon dengan menjelaskan pengenalan singkat terkait data platform yang Dimiliki oleh Times Higher Education dan dapat diakses oleh setiap Universitas yang mengikuti pemeringkatan Times Higher Education. Sesi ini juga menjelaskan terkait sumber data yang digunakan dalam sistem pemeringkatan Times Higher Education World University Ranking (WUR). Sumber data yang digunakan terdiri dari performance, reputation, dan bibliometric data di mana untuk data bibliometrik Times Higher Education berkolaborasi dengan Elsevier.

Selain itu World University Ranking, Times Higher Education juga memiliki Young University Rankings. Sistem pemeringkatan itu merupakan pemeringkatan untuk Universitas yang usianya di bawah 50 tahun. Pada area subjek, Times Higher Education menggunakan metodologi pengukuran yang dilihat dari pengajaran, penelitian, sitasi, eksposur internasional, dan pendapatan industri. Times Higher Education menyorot bahwa hal yang harus diperhatikan oleh universitas dalam pemeringkatan Times Higher Education adalah metriks dari setiap metodologi.

Selanjutnya, Julie menjelaskan hal yang harus diperhatikan dalam pemeringkatan Times Higher Education adalah kualitas bukan kuantitas. Jumlah publikasi universitas memang penting, tetapi publikasi tersebut juga harus disitasi dalam jumlah yang cukup sehingga banyak universitas dengan publikasi lebih sedikit memiliki nilai lebih besar karena lebih impactful atau lebih sering dirujuk oleh akademisi lain. Julie juga menjelaskan bahwa tujuan dari Times Higher Education ranking adalah untuk digunakan sebagai alat untuk mengukur performa. Terakhir, Julie menjelaskan salah satu sistem pemeringkatan Times Higher Education yaitu Times Higher Education impact ranking (THE IR). Sistem pemeringkatan THE IR didasarkan pada 17 poin SDG dan merupakan pemeringkatan yang baru diperkenalkan tahun 2019. Adanya sistem pemeringkatan ini adalah agar pemeringkatan tidak hanya intens pada penelitian, tetapi juga dampak yang diberikan oleh universitas.

Setelah Julie menjelaskan terkait sistem pemeringkatan Times Higher Education. Sesi selanjutnya diambil alih oleh Simone Dilena. Simone Dilena menjelaskan terkait bagaimana cara menggunakan data platform Times Higher Education, mulai dari bagaimana cara mengakses platform, melihat data, membandingkan data, hingga memfilter setiap data yang ada di platform data point milik Times Higher Education. Adanya platform data point ini diharapkan dapat membantu Universitas melihat posisi mereka dan mempersiapkan strategi untuk pemeringkatan ke depannya. Sesi consulting Times Higher Education 2022 ditutup oleh Simone Dilena selaku presiden Times Higher Education Asia Pacific (THE APAC).

Terjemahkan »