trem@ui.ac.id +6221 7867 222

UI Raih Kategori A Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)

Depok – Universitas Indonesia berhasil memperoleh predikat Kategori A berdasarkan hasil  evaluasi akuntabilitas kinerja, tingkat penerapan akuntabilitas kinerja Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) melalui Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), dengan interpretasi memuaskan, memimpin perubahan, berkinerja tinggi, serta sangat akuntabel.

Sekretariat Jenderal, dalam hal ini melalui Biro Perencanaan bersama Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI, telah melakukan evaluasi atas implementasi SAKIP Tahun 2021. Hal tersebut dilakukan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) RI Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah; Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI Nomor 39 tahun 2020 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja di Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Evaluasi atas implementasi SAKIP Tahun 2021 dilakukan dengan mempergunakan Kertas Kerja Evaluasi (KKE) yang terdiri dari 5 (lima) komponen, yaitu perencanaan kinerja; pengukuran kinerja; pelaporan kinerja; evaluasi kinerja; serta capaian kinerja. Adapun masing-masing komponen terdiri atas beberapa poin penilaian. Metode evaluasi SAKIP Tahun 2021 dilakukan dalam 2 tahap, yaitu evaluasi implementasi SAKIP mandiri yang dilakukan oleh unit kerja; serta evaluasi dan review atas evaluasi mandiri unit kerja/satuan kerja yang dilakukan oleh Biro Perencanaan dan Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek RI.

“Ini kerja tim. Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras tim Monev UI, termasuk para PIC bidang,” ujar Ranggalawe Suryasaladin, S.H., M.H., L.L.M., selaku Kepala Bagian (Kabag) Monitoring Evaluasi Biro TREM UI. “Catatan yang diberikan oleh tim penilaian menjadi masukan yang sangat berharga untuk kami. Akan segera kami tindak lanjuti,” lanjut beliau lagi. Pada tahun 2022, Universitas Indonesia bertekat untuk meningkatkan nilai yang telah diperoleh. Kerja tim yang sudah dilakukan selama ini akan terus ditingkatkan.

Leave a Reply

Terjemahkan »