trem@ui.ac.id +6221 7867 222

Penganugerahan Universitas Indonesia Zona Integritas Award 2021

Depok – Pada tanggal 26 November 2021 silam, Bagian Transformasi Universitas telah menyelenggarakan acara penganugerahan (awarding) pemenang kompetisi Universitas Indonesia Zona Integritas Award 2021 secara virtual. Kegiatan dibuka oleh dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D. selaku Sekretaris Universitas. Dalam paparannya, beliau menyatakan bahwa organisasi harus melakukan transformasi diri untuk menjadi lebih baik, yang disebut sebagai reformasi birokrasi dan transformasi. Adapun target (milestones) dari perubahan yang dimaksud adalah terlaksananya zona integritas (ZI) di lingkungan unit kerja. Lebih lanjut, kegiatan ZI tidak terlepas dari dukungan dan kerja keras para pemimpin masing-masing fakultas, sekolah, dan program studi vokasi, dalam mewujudkan zona integritas yang lebih baik dari hari ke hari. Diharapkan dengan adanya kegiatan penganugerahan seperti ini dapat menjadi motivasi bagi unit kerja lainnya dalam menyelenggarakan zona integritas yang lebih baik ke depannya.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Vishnu Juwono, S.E., M.I.A., Ph.D. selaku Kepala Biro TREM. Menurutnya, UI menyelenggarakan kompetisi ZI internal ini disebabkan karena terinspirasi dari semangat perubahan yang dilakukan di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI. Adapun semangat tersebut mendorong terciptanya perubahan dalam mewujudkan zona integritas di kalangan internal kementerian. Adapun Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI telah mewakili UI dalam kegiatan ZI di tingkat nasional. Dengan demikian, acara penganugerahan ini bertujuan untuk mendorong berbagai unit kerja lainnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan sebagai salah satu indikator penilaian ZI, guna mewujudkan lingkungan kerja yang bebas terhadap korupsi.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan pemenang dari peringkat lima hingga peringkat pertama. Adapun susunan pemenang yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Peringkat kelima: Program Pendidikan Vokasi

 

  • Peringkat keempat: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI

 

  • Peringkat ketiga: Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) UI

 

  • Peringkat kedua: Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) UI

 

  • Peringkat pertama: Fakultas Kedokteran (FK) UI

 

Setelah pengumuman pemenang, acara selanjutnya adalah pemberian tanda ucapan terima kasih kepada FKM UI yang telah mengabdikan diri dalam mewakili UI di tingkat nasional selama dua tahun terakhir (2020-2021), dalam mengikuti kompetisi Zona Integritas di tingkat nasional. Sertifikat diberikan secara simbolis oleh Sekretaris Universitas, dan diterima oleh Prof. Dr. dr. Sabarinah Prasetyo, M.Sc. selaku Dekan FKM UI. Melalui paparannya, beliau menyebutkan bahwa perjuangan FKM UI hingga melaju ke tingkat nasional tidak akan berhasil tanpa pendampingan dari pihak Kemenristekdikti RI, dalam menyempurnakan pelengkap dari borang yang disediakan, guna memenuhi pengungkit dalam 6 (enam) area perubahan. Menurutnya, ZI adalah ide mulia, sebab fakultas sudah seyogianya untuk bekerja dalam memberi palayanan yang paling baik, tidak hanya kepada mahasiswa yang sedang berkuliah, namun juga kepada pihak eksternal, termasuk mitra kerja dan pemerintah Indonesia. Lebih lanjut, pengumuman atas kompetisi ZI tingkat nasional yang dimaksud rencananya akan diumumkan pada 22 Desember mendatang, sehingga saat ini, FKM UI sedang berada dalam tahap penilaian akhir, dalam rangka mendapat predikat wilayah bebas korupsi (WBK).

 

 

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian ungkapan terima kasih oleh tim juri yang berasal dari Kemendikbudristek RI, yang diwakili oleh Bapak Suwitno. Dalam paparannya, predikat WBK tersebut disematkan kepada unit kerja yang telah berhasil menyelenggarakan zona integritas di lingkungan kerja, sesuai dengan kriteria penilaian (asesmen) yang dilakukan oleh pihak juri. Acara ditutup oleh MC dan diakhiri dengan sesi foto bersama secara daring.

 

Galeri foto

 

Leave a Reply

Terjemahkan »