trem@ui.ac.id +6221 7867 222

Pendampingan ZI Internal – Fakultas Kedokteran (FK) UI

Depok – Pada tanggal 3 November 2021 lalu, telah diselenggarakan pendampingan zona integritas (ZI) yang melibatkan tim ZI dari Fakultas Kedokteran (FK) UI. Kegiatan diselenggarakan secara virtual menggunakan media Zoom Meetings. Agenda ini dipandu oleh Zhafirah Salsabila selaku Risk Management Analysis FK UI dan dihadiri oleh dr. Anis Karuniawati, SpMK., Ph.D. selaku dosen tetap di FK UI. Agenda diawali dengan pemaparan singkat terkait UI Zona Integritas Award 2021 dari Dr. Poeti Nazura Gulfira Akbar, S.T., M.Sc. selaku Kepala Bagian Transformasi Universitas Biro TREM UI.

 

 

UI Zona Integritas Award 2021 adalah perwujudan dari amanah yang diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara – Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI, di mana adanya zona integritas juga seyogianya melibatkan lingkungan universitas. Lebih lanjut, predikat yang akan diperebutkan dalam kompetisi ini diberikan secara langsung oleh KemenPAN-RB RI dan juga Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI. Terdapat 2 (dua) bentuk predikat yang diberikan, yaitu Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), di mana WBBM adalah pengembangan lebih lanjut dari predikat WBK. Adapun urgensi dari diselenggarakannya UI Zona Integritas Award 2021 ini adalah guna mempersiapkan unit kerja (dalam hal ini adalah fakultas, program pendidikan vokasi, dan sekolah) untuk berpartisipasi dalam mewakili UI di tingkat Kemendikbudristek RI dan tingkat nasional. Tidak hanya itu, adanya kompetisi ini juga bertujuan agar mampu mengubah dan memperbaiki tata kelola di fakultas, dengan tujuannya yaitu memberantas praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Kriteria penilaian yang akan digunakan dalam kompetisi ini dibagi ke dalam 2 (dua) aspek, yakni aspek pengungkit (60%) dan aspek hasil (40%). Aspek pengungkit tersebut kemudian diturunkan ke dalam 6 (enam) area perubahan, yaitu: 1) manajemen perubahan, 2) penataan tata laksana, 3) penataan sistem manajemen sumber daya manusia (SDM), 4) penguatan pengawasan, 5) penguatan akuntabilitas, dan 6) peningkatan kualitas pelayanan publik.

Adapun garis besar kompetisi ini dapat dirinci ke dalam rentang waktu sebagai berikut:

  • 18 Oktober 2021: sosialisasi UI Zona Integritas Award 2021 secara virtual.
  • 19 Oktober–5 November 2021: periode pengisian borang (formulir) ke dalam Google Drive.
  • 8–19 November 2021: penilaian oleh tim penilai ZI.
  • 23 November 2021: pengumuman UI Zona Integritas Award 2021.

Agenda dilanjutkan dengan diskusi terkait 6 (enam) area perubahan, diawali dengan beberapa pertanyaan atau konfirmasi dari tim ZI FK UI kepada Biro TREM UI, dan dilanjutkan dengan tanggapan dari pihak Biro TREM UI berkenaan dengan area-area perubahan yang dirasa perlu untuk dibahas dan dikaji lebih lanjut.

 

Galeri foto

Leave a Reply

Terjemahkan »