trem@ui.ac.id +6221 7867 222

Rapat Analisis Sementara THE WUR by Subject 2022 (Life Sciences, Physical Sciences dan Clinical & Health)

Depok – Pada tanggal 28 September 2021, Universitas Indonesia (UI) mengadakan Rapat Analisis Sementara Data THE WUR by Subject (Life Sciences, Physical Sciences dan Clinical & Health) 2022. Kegiatan rapat dibuka oleh dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D., selaku Sekretaris Universitas menjelaskan tujuan kegiatan untuk menganalisis pencapaian yang diperoleh UI pada THE WUR by Subject 2022 serta mengevaluasi hal-hal terkait pengumpulan data THE WUR by Subject (Life Sciences, Physical Sciences dan Clinical & Health) 2022 yang lalu, guna meningkatkan kualitas pengumpulan data THE WUR by Subject 2023 mendatang.

Pemaparan dilakukan oleh Dr. Vishnu Juwono, S.E., M.I.A., Ph.D., selaku Kepala Biro TREM UI terkait Life Sciences, Physical Sciences dan Clinical & Health yang telah dirilis pada 16 September 2021. Pengumpulan data dilakukan bersamaan dengan THE World University Rankings pada Februari–Maret 2021. Berikut adalah komposisi indikator yang telah dikumpulkan.

Physical Sciences menempati posisi 801-1000 yang terdiri dari FMIPA (kecuali Biologi & Geografi) dan SIL. Physical Sciences perlu memperhatikan indikator citations karena memiliki bobot paling besar yaitu 35%. Industry Income (2,5%) dengan total nilai 98,5 dan International Outlook (7,5%) dengan total nilai 40,6 tidak berpengaruh banyak mengingat persentase yang kecil dibandingkan indikator lainnya. 

Life Sciences menempati posisi 801+ yang terdiri dari Biologi. Indikator yang unggul pada Life Sciences adalah International Outlook (47,5), Industry Income (48,7), dan Teaching (25,5).

Clinical & Health menempati posisi 401-500 yang terdiri atas FK UI, FKG UI, FKM UI, FIK UI, dan FF UI. Indikator yang unggul pada Clinical & Health adalah International Outlook (66.5), Industry Income (56.4) dan Citations (35.3). Namun untuk Citations, selisih (gap) antara UI dengan Universitas lain di Indonesia tidak terlalu jauh. Secara keseluruhan, subject Clinical & Health mengalami penurunan kembali ke posisi di tahun 2018.

Pengumuman berbagai subjek lainnya akan dirilis pada 6 Oktober 2021 (Engineering dan Computer Science), 13 Oktober 2021 (Social Sciences, Business & Economics, Law) serta 3 November 2021 (Arts & Humanities).

Rapat ditutup oleh dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D., selaku Sekretaris Universitas yang menyatakan bahwa untuk memperoleh nilai terbaik dari seluruh pemeringkatan harus meningkatkan keseluruhan indikator yang terkait. Seperti THE WUR by Subject ini, sebaiknya tidak hanya berfokus pada indikator yang memiliki bobot besar, namun pada indikator lainnya. Teaching, Research dan Publication menjadi yang paling sering muncul pada seluruh pemeringkatan khususnya THE WUR by Subject.

Leave a Reply

Terjemahkan »