trem@ui.ac.id +6221 7867 222

Konsinyering Data QS Asia, QS Graduate Employability, dan THE World University Ranking 2022

Dalam menjalankan fungsi Tridharma Pendidikan Tinggi, pemeringkatan lembaga pendidikan merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan lembaga pendidikan. Terlepas dari silang pendapat mengenai objektivitasnya, pemeringkatan universitas tetap dinilai menjadi acuan kerja, citra dan reputasi universitas di berbagai negara. Hal ini dapat dilihat dari indikator penilaian dan kriteria penentu dalam sistem pemeringkatan tingkat dunia, yang secara umum dikalibrasi untuk menghasilkan perbandingan komprehensif dan seimbang meliputi bidang pengajaran, penelitian maupun reputasi internasional. Saat ini, Universitas Indonesia (UI) berpartisipasi dalam beberapa pemeringkatan internasional, di antaranya sebagai berikut.

  • QS Graduate Employability Rankings

QS Graduate Employability Rankings merupakan sistem pemeringkatan kelas dunia yang diselenggarakan oleh Quacquarelli Symonds (QS) dengan fokus dan menggunakan indikator penilaian yang mengacu pada kinerja hasil dan prospek dari alumni perguruan tinggi.

  • QS Asia University Rankings

QS Asia Rankings merupakan sistem pemeringkatan kelas dunia yang diselenggarakan oleh Quacquarelli Symonds (QS) dengan fokus dan menggunakan indikator penilaian yang mengacu pada rasio jumlah mahasiswa dan dosen yang berstatus Warga Negara Indonesia (WNI) dan rasio jumlah mahasiswa serta dosen asing. QS Asia University Rankings ini dimaksudkan untuk mengungkapkan kinerja sejumlah besar institusi pendidikan di kawasan Asia. 

  • THE World University Rankings

THE World University Rankings merupakan sistem pemeringkatan kelas dunia yang diselenggarakan oleh Times Higher Education. Pada tahun 2019, pemeringkatan ini menilai universitas terbaik secara global, termasuk lebih dari 1.250 institusi di 86 negara. THE menjadi satu-satunya pemeringkatan liga universitas global untuk kegiatan intensif universitas dengan misi inti: mengajar (lingkungan belajar); penelitian (volume, pendapatan dan reputasi), pandangan internasional (staf, mahasiswa dan penelitian); kutipan (pengaruh penelitian); pendapatan industri (transfer pengetahuan). Portofolio THE World University Rankings dilengkapi dengan sebelas peringkat subjek terperinci yang terpisah. Peringkat Universitas Dunia menurut subjek meliputi: teknik; ilmu Komputer; bisnis dan ekonomi; ilmu kehidupan; klinis dan kesehatan; psikologi; hukum; pendidikan; ilmu fisika; ilmu kemasyarakatan; dan seni dan humaniora.

Dalam mempertahankan peringkat dan meningkatkan reputasi Universitas Indonesia di tingkat internasional, data yang valid dan mutakhir diperlukan untuk proses unggah. Lebih lanjut, ditemukan tantangan pada proses pengumpulan data yang valid tersebut ditemukan tantangan, sebagai contoh, keterlibatan berbagai unit kerja dan organ di internal universitas dibutuhkan untuk koordinasi yang intensif dengan pihak yang memiliki data untuk bersama-sama melakukan verifikasi serta kompilasi data pada tiap proses unggah pemeringkatan internasional tersebut. Koordinasi ini juga secara umum dilakukan untuk mendukung pencapaian target UI dalam meningkatkan maupun mempertahankan posisi UI menjadi universitas unggulan.

Konsinyering ini diadakan pada tanggal 23-24 Maret 2021 di Plaza Lantai 2 Felfest IFC UI, yang dihadiri oleh sejumlah Pimpinan Universitas seperti Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, maupun Direktur dan Kepala Unit Kerja terkait. Selain itu, konsinyering ini pun dihadiri oleh perwakilan dari Fakultas dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan serta pegawai yang menjadi penanggung jawab pemeringkatan.

Pembahasan data Pemeringkatan QS Asia University, QS Graduate Employability dan THE World University Rankings berjalan dengan lancar. Pada akhir acara, data akhir berhasil diperoleh dan yang telah difinalisasi oleh seluruh pihak yang terlibat. Data tersebut yang kemudian di unggah pada masing-masing portal pemeringkatan terkait.

Leave a Reply

Terjemahkan »