trem@ui.ac.id +6221 7867 222
trem@ui.ac.id +6221 7867 222

Sosialisasi Profil Risiko Fakultas Se-Rumpun Sains dan Teknologi (Saintek)

Depok – Kegiatan sosialisasi profil risiko diadakan pada 3 Juni 2021 secara daring. Diadakannya sosialisasi ini bertujuan untuk mengetahui berbagai faktor risiko yang dapat memicu terjadinya hambatan dalam mencapai sasaran strategis sehingga dapat ditentukan mitigasi dari adanya risiko tersebut. Kegiatan ini dihadiri oleh dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D. sebagai Sekretaris Universitas, Vishnu Juwono, S.E., M.I.A., Ph.D. sebagai Kepala Biro TREM UI, Nyoto Asgard, M.Si., ERMAP sebagai Kepala Bagian Manajemen Risiko dan tim, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Teknik (FT) UI, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UI, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI, Direktur Program Vokasi, Direktur Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL) UI, Direktur Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) UI, serta staf risk officer fakultas terkait. Pembukaan kegiatan diawali dengan kata sambutan oleh dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D., kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi sosialisasi oleh Nyoto Asgard, M.Si., ERMAP sebagai penyaji.

Fakultas yang terhimpun dalam rumpun Saintek memiliki 10 risiko yang kemudian diagregasi menjadi Top 5 Risk, dengan proporsi tingkat nilai risiko sangat tinggi (1 risiko), risiko tinggi (2 risiko), dan risiko sedang (2 risiko). Adapun Top 5 Risk tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Tidak memadainya (kualitas dan kuantitas) dosen/staf pengajar untuk mendukung tujuan strategis fakultas;
  2. Kegagalan dalam menghasilkan/mengelola dana secara mandiri untuk mendukung pencapaian tujuan fakultas;
  3. Ketidakefektifan program kemahasiswaan fakultas (kegiatan luar kelas, kompetisi internasional);
  4. Ketidaksesuaian kurikulum yang ditetapkan dengan tujuan fakultas (sesuai dengan standar yang berlaku, perkembangan bidang ilmu terkini, kebutuhan industri dan berbasis riset; dan
  5. Kegagalan dalam menghasilkan penelitian yang memenuhi target secara kuantitas (pendampingan penelitian dan inovasi) maupun kualitas (mendapatkan penghargaan, terindeks scorpus, tersitasi).

Akhir kegiatan sosialisasi ditutup dengan sesi pertanyaan dan jawaban serta diskusi terkait risiko dan rencana mitigasi yang akan dilakukan oleh fakultas dari rumpun saintek terhadap risiko yang ada.

Terjemahkan »