trem@ui.ac.id +6221 7867 222
trem@ui.ac.id +6221 7867 222

Sosialisasi Profil Risiko Fakultas Se-Rumpun Sosial Humaniora (Soshum)

Depok – Kegiatan sosialisasi diadakan pada 31 Mei 2021 secara daring. Diadakannya sosialisasi ini bertujuan untuk mengetahui berbagai faktor risiko yang dapat memicu terjadinya hambatan dalam mencapai sasaran strategis sehingga dapat ditentukan mitigasi dari adanya risiko tersebut. Kegiatan ini dihadiri oleh dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D. selaku Sekretaris Universitas, Vishnu Juwono, S.E., M.I.A., Ph.D. selaku Kepala Biro TREM UI, Nyoto Asgard, M.Si., ERMAP selaku Kepala Bagian Manajemen Risiko dan tim, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Psikologi, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Hukum (FH) UI, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya (FIB) UI, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) UI, serta staf risk officer fakultas terkait. Pembukaan kegiatan diawali dengan kata sambutan oleh dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D., kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi sosialisasi oleh Nyoto Asgard, M.Si., ERMAP sebagai penyaji.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fakultas se-rumpun sosial humaniora (Soshum) memiliki 124 risiko yang kemudian diagregasi menjadi Top 5 Risk dengan tingkat nilai risiko sangat tinggi. Adapun Top 5 Risk tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Tidak memadainya dosen dan tenaga kependidikan secara kuantitas ataupun kualitas untuk menunjang kegiatan akademik;
  2. Kegagalan dalam menghasilkan dan/atau mengelola dana secara mandiri untuk mendukung pencapaian tujuan fakultas;
  3. Ketidakefektifan pelaksanaan program pengembangan mahasiswa (softskills, penalaran, minat, dan bakat) guna menciptakan lulusan yang berdaya saing unggul;
  4. Kegagalan dalam membangun kerja sama yang optimal dengan mitra potensial; dan
  5. Kegagalan dalam menghasilkan penelitian yang memenuhi target secara kuantitas (pendampingan penelitian dan inovasi) maupun kualitas (mendapatkan penghargaan, terindeks scorpus, tersitasi).

Pada akhir kegiatan ditutup dengan sesi pertanyaan dan jawaban serta diskusi terkait risiko dan rencana mitigasi yang akan dilakukan oleh fakultas rumpun soshum terhadap risiko yang ada.

 

Terjemahkan »