trem@ui.ac.id +6221 7867 222
trem@ui.ac.id +6221 7867 222

Sosialisasi Profil Risiko Universitas Bidang SDM dan Aset

Depok – Kegiatan sosialisasi diadakan pada 5 Mei 2021 secara daring. Diadakannya sosialisasi ini bertujuan untuk mengetahui berbagai faktor risiko yang dapat memicu terjadinya hambatan dalam mencapai sasaran strategis sehingga dapat ditentukan mitigasi dari adanya risiko tersebut. Kegiatan ini dihadiri oleh dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D. selaku Sekretaris Universitas, Vishnu Juwono, S.E., M.I.A., Ph.D.  selaku Kepala Biro TREM UI, Nyoto Asgard, M.Si., ERMAP selaku Kepala Bagian Manajemen Risiko dan tim, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA selaku Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset sebagai risk owner, Direktur Direktorat Sumber Daya Manusia, Direktur Direktorat Kerjasama, Direktur Direktorat Operasi dan Pemeliharaan Fasilitas, Direktur Direktorat Pengembangan Karir, Lulusan dan Hubungan Alumni, Direktur Direktorat Pengelolaan dan Pengembangan Unit-unit Usaha, beserta para kepala bagian dan staf risk officer bidang terkait. Pembukaan kegiatan diawali dengan kata sambutan oleh dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D., kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi sosialisasi oleh Nyoto Asgard, M.Si., ERMAP sebagai penyaji.

Bidang SDM dan Aset memiliki 17 risiko yang kemudian diagregasi menjadi Top 5 Risk dengan proporsi tingkat nilai risiko sangat tinggi (2 risiko), risiko tinggi (1 risiko), dan risiko sedang (2 risiko). Adapun Top 5 Risk tersebut sebagai berikut.

  1. Ketidakoptimalan perencanaan, perekrutan serta pengembangan karir dan kompetensi SDM UI;
  2. Ketidakoptimalan pengelolaan sarana dan prasarana strategis ramah lingkungan ruang mendukung kegiatan akademik dan non-akademik;
  3. Kegagalan penerapan remunerasi berbasis kinerja;
  4. Kegagalan menghasilkan pendanaan untuk mendukung kegiatan universitas; dan
  5. Ketidakoptimalan program bimbingan dan dukungan untuk pengembangan karir mahasiswa dan alumni.

Akhir kegiatan sosialisasi ditutup dengan sesi pertanyaan dan jawaban serta diskusi terkait risiko dan rencana mitigasi yang akan dilakukan oleh Bidang SDM dan Aset terhadap risiko yang ada.

Terjemahkan »