trem@ui.ac.id +6221 7867 222
trem@ui.ac.id +6221 7867 222

Sosialisasi Profil Risiko Universitas Bidang Akademik dan Kemahasiswaan

Depok – Kegiatan sosialisasi diadakan pada 28 April 2021 secara daring. Diadakannya sosialisasi ini bertujuan untuk mengetahui berbagai faktor risiko yang dapat memicu terjadinya hambatan dalam mencapai sasaran strategis sehingga dapat ditentukan mitigasi dari adanya risiko tersebut. Kegiatan ini dihadiri oleh dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D selaku Sekretaris Universitas, Vishnu Juwono, S.E., M.I.A., Ph.D. selaku Kepala Biro TREM UI, Nyoto Asgard, M.Si., ERMAP selaku Kepala Bagian Manajemen Risiko dan tim, Prof. Dr.rer.nat. Abdul Haris selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan sebagai risk owner, Direktur Direktorat Pengembangan Akademik dan Sumber Daya, Direktur Direktorat Pendidikan, Direktur Direktorat Kemahasiswaan, Kepala Badan Penjaminan Mutu Akademik, Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru, Kepala UPT Makara Art, Kepala UPT Perpustakaan, Kepala UPT Pengamanan Lingkungan Kampus, Kepala UPT Asrama beserta para kepala bagian dan staf risk officer bidang terkait. Pembukaan kegiatan diawali dengan kata sambutan oleh dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D., kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi sosialisasi oleh Nyoto Asgard, M.Si., ERMAP sebagai penyaji.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bidang Akademik dan Kemahasiswaan memiliki 40 risiko yang kemudian diagregasi menjadi Top 5 Risk dengan tingkat nilai risiko sangat tinggi. Adapun Top 5 Risk tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Ketidakoptimalan pengadaan dan pengelolaan sarana dan prasarana yang berkualitas untuk mendukung kegiatan akademik dan non-akademik;
  2. Tidak memadainya sumber daya manusia (SDM) untuk mendukung kegiatan akademik dan non-akademik secara kualitas dan kuantitas;
  3. Ketidakoptimalan dalam menghasilkan dan mengelola dana dalam mendukung kegiatan akademik dan non-akademik;
  4. Ketidakoptimalan pelaksanaan program pengembangan mahasiswa; dan
  5. Ketidakefektifan program e-learning dan pendidikan jarak jauh (PJJ) dalam mendukung kegiatan akademik sesuai dengan sasaran strategis universitas.

Pada sosialisasi ini, kegiatan ditutup dengan sesi pertanyaan dan jawaban serta diskusi terkait risiko dan rencana mitigasi yang akan dilakukan oleh Bidang Akademik dan Kemahasiswaan terhadap risiko yang ada.

Terjemahkan »