trem@ui.ac.id +6221 7867 222
trem@ui.ac.id +6221 7867 222

Sosialisasi Profil Risiko Universitas Bidang Keuangan dan Logistik

Depok – Kegiatan sosialisasi diadakan pada 27 April 2021 secara daring. Diadakannya sosialisasi ini bertujuan untuk mengetahui berbagai faktor risiko yang dapat memicu terjadinya hambatan dalam mencapai sasaran strategis sehingga dapat ditentukan mitigasi dari adanya risiko tersebut. Kegiatan ini dihadiri oleh dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D. selaku Sekretaris Universitas, Vishnu Juwono, S.E., M.I.A., Ph.D. selaku Kepala Biro TREM UI, Nyoto Asgard, M.Si., ERMAP selaku Kepala Bagian Manajemen Risiko dan tim, Vita Silvira, M.B.A., C.A. selaku Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Logistik UI sebagai risk owner, Direktur Direktorat Perencanaan Anggaran dan Akuntansi UI, Direktur Direktorat Keuangan UI, Direktur Direktorat Logistik UI, Direktur Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi (DSTI) UI, beserta para kepala bagian dan staf risk officer bidang terkait. Pembukaan kegiatan diawali dengan kata sambutan oleh dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D., kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi sosialisasi oleh Nyoto Asgard, M.Si., ERMAP sebagai penyaji.

Bidang Bidang Keuangan dan Logistik memiliki 20 risiko yang kemudian diagregasi menjadi Top 5 Risk dengan proporsi tingkat nilai risiko sangat tinggi (2 risiko), risiko tinggi (1 risiko), dan risiko sedang (2 risiko). Adapun Top 5 Risk tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Kegagalan dalam mengembangkan masterplan system dan teknologi informasi (STI) yang terintegrasi dan sesuai dengan tujuan universitas;
  2. Ketidakoptimalan penerapan tata kelola keuangan universitas;
  3. Ketidakoptimalan pengelolaan keuangan universitas;
  4. Keterlambatan penetapan Renstra, penyusunan dan penetapan rencana kerja, rencana anggaran UI, serta Monitoring dan Evaluasi; dan
  5. Ketidakoptimalan pengadaan barang dan jasa untuk mendukung kegiatan akademik dan non-akademik.

Sesi sosialisasi ini diakhiri dengan kegiatan berupa sesi pertanyaan dan jawaban serta diskusi terkait risiko dan rencana mitigasi yang akan dilakukan oleh Bidang Keuangan dan Logistik terhadap risiko yang ada.

Terjemahkan »